Pages

Kamis, 15 Desember 2016

Resep Buras Oncom Yang Legit Menggigit

Tingkat kesulitan : mudah
Waktu memasak : 120 menit
Untuk : 20 buah

Buras Oncom cocok sebagai bekal piknik, praktis, dan tidak mudah basi. Makin lama dikukus, buras makin tahan lama. Untuk bekal piknik, sebaiknya buras dikukus sedikitnya 2 jam. 

buras oncom

Bahan

Aronan
500 gram beras
1.300 ml santan
1 sdt garam
1 lembar daun salam

Isi
100 gram oncom merah, remas-remas
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 buah cabai merah (atau sesuai selera)
10 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
3 sdm irisan daun bawang
100 ml air
garam
gula pasir/kecap (jika suka)
minyak goreng untuk menumis

daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat :
  1. Aronan : Cuci beras sampai bersih. Masak beras dengan santan, garam, dan daun salam sampai santan terserap habis dan beras lembek. Angkat. Sisihkan.
  2. Isi : Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan oncom merah yang telah diremas-remas. Aduk sampai oncom berubah warna. Tuangi air, bubuhi garam dan gula/kecap. Masukkan irisan daun bawang. Aduk sampai oncom masak dan air mengering. Angkat.
  3. Ambil 1 lembar daun pisang. Taruh bagian yang berwarna hijau di sebelah bawah. Di atasnya letakkan sepotong daun yang lebih kecil dengan bagian berwarna hijau di sebelah atas.
  4. Taruh 2sdm aronan di atasnya, ratakan. Tambahkan 2sdt adonan isi di tengahnya. Tutup adonan isi dengan aronan, gulung seperti lontong, semat kedua ujungnya dengan lidi. 
  5. Kukus selama 1,5 jam.
  6. Angkat dan dinginkan.
^_^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar